8 Jun 2023 21:50 - 2 minutes reading

Rumah Warga Lubuk Mumpo “Nyaris” Terjun ke Jurang Akibat Longsor

Share This

 

Rejang Lebong: Satu unit rumah milik warga Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong Nyaris amblas terjun ke jurang akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut lebih dari 12 jam.

Lusi (30) pemilik rumah kepada Lembaknews.com mengaku sangat khawatir atas amblasnya beberapa ruas tanah di sekitar kediamannya.

“Ngeri rasanya kalo di guyur hujan deras lagi soal nya Rumah kami di atas tebing yg langsung berhadapan dengan sungai Beliti,” ujar Lusi Kamis 8 Juni 2023.

Rumahnya berada tepat diatas tebing dengan kemiringan tanah yang mulai tergerus air sekitar 45 hingga 65 derajat. Kondisi ini tentu saja membuatnya khawatir, jika tidak ada tindakan cepat, dipastikan rumahnya akan terjun bebas dan hanyut dibawa arus Sungai Beliti yang sangat deras.

Kejadian tanah longsor telah di laporkan kepada PJs Kepala Desa Lubuk Mumpo Sukaesih SH.MH melalui sambungan telepon. Sebab Kades saat ini sedang berada di Kota Padang Bengkulu untuk urusan kedinasan.

“Beliau menyampaikan bahwa akan segera meninjau lokasi tanah longsor dan melaporkan ke BPBD Rejang Lebong,” lanjut Lusi.

Warga berharap agar pemerintah daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah segera menindaklanjuti dan mengatasi agar longsor ini tidak meluas.

Longsor ini sendiri disebabkan oleh tendangan arus air dari arah hilir yang menjadi titik kumpul dan tidak adanya drainase di lokasi tersebut.(AH06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

- - Rumah Warga Lubuk Mumpo “Nyaris” Terjun ke Jurang Akibat Longsor