16 Apr 2022 07:12 - 2 minutes reading

Febri Yurdiman Resmi Dicopot, Riri Damayanti John Latief Ditunjuk PLT Ketua DPD KNPI Bengkulu

Share This

Bengkulu, Lembaknews.com – Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Bengkulu resmi mengeluarkan rekomendasi pemberhentian Febri Yurdiman, SE dari jabatannya sebagai Ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu.

Ketua MPI DPD KNPI Provinsi Bengkulu Sauri Oegan dalam keterangan persnya di Bengkulu, Sabtu (16/04) menegaskan, rekomendasi pemberhentian tersebut telah disampaikan ke DPP KNPI.

Febri diberhentikan karena dianggap telah melanggar ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KNPI dan tidak lagi sejalan dengan hasil-hasil Kongres Luar Biasa (LKB) Pemuda yang diselenggarakan di Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 1-2 April 2022 lalu.

Seperti diketahui, salah satu keputusan yang disepakati dalam KLB tersebut yakni menetapkan Dr. Ilyas Indra sebagai Ketua Umum DPP KNPI periode 2021-2024 dan Fahd El Fouz Arafiq sebagai Ketua MPI DPP KNPI.

“Saudara Febri Yurdiman secara resmi telah dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu per tanggal 15 April 2022 karena yang bersangkutan tidak lagi sejalan dengan hasil KLB Lombok,” kata Sauri.

Sauri menjelaskan, rekomendasi pencopotan Febri sebagai Ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu tersebut telah sesuai dengan mekanisme yang diatur dalam AD/ART KNPI.

Dimana, kata Sauri, MPI DPD KNPI memiliki tugas menyelenggarakan pengawasan, fasilitasi, mediasi dan penilaian terhadap kinerja pengurus KNPI pada tingkatannya masing-masing.

“Sikap saudara Febri Yurdiman yang telah membelot, tidak menerima serta tidak patuh terhadap hasil KLB Lombok telah mengakibatkan perpecahan di tubuh DPD KNPI Provinsi Bengkulu. Hal ini tentu tidak baik dan merugikan organisasi,” tegas Sauri.

Selain itu, Sauri menjelaskan, MPI DPD KNPI Provinsi Bengkulu juga merekomendasikan kepada DPP KNPI untuk menetapkan Hj. Riri Damayanti John Latief, S.Psi, MM menjadi Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu.

Menurutnya, penunjukkan anggota DPD RI tersebut sebagai Plt Ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu akan memudahkan kerja-kerja organisasi mengingat Riri merupakan putri daerah Bengkulu. Apalagi, Riri juga merupakan bagian dari pengurus DPP KNPI hasil Kongres Lombok.

Sauri menyebut, untuk membantu tugasnya sebagai Plt Ketua DPD KNPI Provinsi Bengkulu, Riri tetap dibantu dengan komposisi personalia dan kepengurusan sebelumnya.

“Kita tau Riri memiliki segudang pengalaman berorganisasi. Apalagi dia adalah politisi nasional yang dekat dengan pemuda. Karena itu kami meyakini Riri bisa mengkonsolidasikan kekuatan pemuda Bengkulu kedepan, terutama untuk agenda-agenda KNPI yang salah satunya adalah menyelenggarakan musyawarah pemuda DPD KNPI Provinsi Bengkulu,” demikian Sauri. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

- - Rumah Warga Lubuk Mumpo “Nyaris” Terjun ke Jurang Akibat Longsor